ANTESEDEN KEPUASAN PENGUNJUNG PADA OBYEK WISATA TAMAN REKREASI PANTAI KARTINI REMBANG

  • SUPARMINI SUPARMINI Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Abstract

Obyek wisata merupakan produk jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan jasa
dengan harapan agar konsumen datang untuk berkunjung dan menikmati obyek wisata
yang ditawarkan. Untuk dapat menarik minat pengunjung, pengelola harus dapat
memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk menciptakan suatu kepuasan konsumen.
Kualitas pelayanan mempunyai lima dimensi yang meliputi bukti langsung (tangibles),
kehandalan (reliability), ketanggapan (reponsiveness), jaminan (assurance) dan empati
(emphaty).
Populasi penelitian ini adalah pengunjung obyek wisata Taman Rekreasi Pantai
Kartini Rembang, dengan sampel sebanyak 400 responden dan teknik pengambilannya
dengan accidental sampling.. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner) yang
dibagikan kepada pengunjung Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang disamping
metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan bukti langsung
(tangibles), kehandalan (reliability), ketanggapan (reponsiveness), jaminan (assurance)
dan empati (emphaty) parsial maupun simultan. Saran yang penulis sampaikan, pihak
pengelola sebaiknya melakukan penambahan fasilitas sarana permainan, penambahan
tenaga kerja guna mengatur parkir dan perawatan taman. Meningkatkan keselamatan
pengunjung dengan memberikan imbauan dan informasi yang jelas dan lebih
mengefektifkan komunikasi dengan pengunjung agar merasa nyaman dengan
menempatkan pekerja disemua faslitas taman wisata.

Published
2019-12-12
Section
Articles