Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Together pada Siswa Kelas X A SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Muhamad Yusup Budiyana Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Model pembelajaran Learning Together. Prestasi belajar. Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui
penerapan model pembelajaran Learning Together pada siswa kelas X A SMK Muhammadiyah 1
Surakarta semester gepan tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang berupa kolaborasi
antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris yang lain. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas X A SMK Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 24 orang. Pelaksanaan
tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan guru sejawat pengampu mapel
bahasa Inggris. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Proses penelitian
dilakukan dalam dua siklus mengingat peneliti adalah guru mata pelajaran tersebut. Masing-masing
siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
evaluasi, dan analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masingmasing pertemuan 2 x 45 menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas X A SMK Muhammadiyah 1 Surakarta melalui penerapan
model pembelajaran learning together. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan
adanya peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris siswa dari 13 siswa (54%) yang tuntas pada pra
siklus menjadi 18 siswa (75%) yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 23 siswa (96%) yang
mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris pun meningkat dari
71,88 pada pra siklus menjadi 78,54 (meningkat 9%) setelah tindakan siklus I dan menjadi 84,38
(meningkat 17%) setelah tindakan siklus II.

Published
2019-12-12
Section
Articles