PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRISMELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNINGTOURNAMENT PADA SISWA KELAS XII B SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Anik Ambarwati Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Model pembelajaranLearning Tournament. Prestasi belajar. Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui
penerapan model pembelajaran Learning Tournament siswa kelas XII B SMK Muhammadiyah 1
Surakarta semester genap tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilakukan
kolaboratif antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas XII B SMK Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 29 orang.
Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan guru teman sejawat.
Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen.Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi.Proses penelitian dilakukan dalam dua
siklus mengingat peneliti adalah guru pengampu mata pelajaran tersebut. Masing-masing siklus terdiri
dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan
analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing
pertemuan 2 x 45 menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XII B SMK Muhammadiyah 1 Surakarta semester genap
tahun pelajaran 2017/2018melalui penerapan model pembelajaran Learning Tournament. Hasil
penelitian yang telah dilakukan adalah ada peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris siswa dari 16
siswa (55%) yang tuntas pada pra siklus menjadi 22 siswa (76%) yang tuntas pada siklus I dan
meningkat menjadi 28 siswa (97%) yang mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai rata-rata prestasi
belajar Bahasa Inggris meningkat dari 73,28 pada pra siklus menjadi 79,31 atau meningkat 8% pada
siklus I dan menjadi 85,86 atau meningkat 17% pada siklus II.

Published
2019-12-12
Section
Articles