PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRISMELALUI PENERAPAN MODELPEMBELAJARANTHINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SISWAKELAS X HOTEL 3SMK KASATRIYAN SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Suroto Suroto Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Model pembelajaranThink-Pair-Share(TPS). Prestasi belajar. Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui
penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share(TPS) siswa kelas X Hotel 3 SMK Kasatriyan
Surakarta semester genap tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilakukan
kolaboratif antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas X Hotel 3SMK Kasatriyan Surakarta yang berjumlah 24 orang.
Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan guru teman sejawat.
Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen.Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi.Proses penelitian dilakukan dalam dua
siklus mengingat peneliti adalah guru pengampu mata pelajaran tersebut. Masing-masing siklus terdiri
dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan
analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing
pertemuan 2 x 45 menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas X Hotel 3 SMK Kasatriyan Surakarta semester genap tahun
pelajaran 2017/2018melalui penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share(TPS). Hasil penelitian
yang telah dilakukan adalah ada peningkatan prestasi belajar Fisika siswa dari 13 siswa (54%) yang
tuntas pada pra siklus menjadi 18 siswa (75%) yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 23
siswa (96%) yang mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai rata-rata prestasi belajar Fisika meningkat
dari 71,67 pada pra siklus menjadi 78,13 (meningkat 9%) pada siklus I dan menjadi 84,38 (meningkat
18%) pada siklus II.

Published
2019-12-12
Section
Articles